Faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam berwirausaha


 
Faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam berwirausaha
Faktor-faktor yang mendorong keberhasilan usaha adalah:
1.  Teori menurut Sukardi
Menurut Sukardi dalam As’ad (2004: 157) menyatakan bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli keberhasilan seorang wiraswasta apabila ditinjau dari karakteristik  psikologi  mereka  mempunyai profil psikologi tertentu yaitu:
a.  Kepercayaan Diri.
Merupakan kepercayaan terhadap kemampuan diri sendiri untuk bekerja dengan ide kreatif, bersikap optimis dan dinamik, mempunyai kemampuan untuk menjadi pemimpin.
b.  Bersifat Original
Merupakan  kemampuan  untuk  menciptakan  hal-hal  yang  baru, tidak  terikat  pada  pola-pola  yang  sudah  ada,  kreatif  dan  cakap  dalam berbagai  bidang  dan  mempunai  pernyataan  maupun  pengalaman  yang cukup banyak.
c.   Berorientasi pada Orang
Ciri dari pengusaha yang berhasil dalam tindakannya selalu mempergunakan orang lain sebagai umpan balik terhadap apa yang sudah dikerjakan, baik langsung maupun tidak langsung.
d.  Berpandangan Pada Tugas
Merupakan tingkah laku yang tertuju untuk menjelaskan tugas, adanya dorongan kuat untuk mengambil resiko dan menerima segala konsekuensi  yang  terjadi  dari  apa  yang  telah  diputuskan  sehubungan dengan tugasnya.
e.  Berpandangan ke arah Masa Depan
Merupakan    kesediaan    untuk    berpandangan    jauh   ke depan mengenai hal-hal yang terjadi dan mempengaruhi   perlakuan dalam usahanya, menunjukkan kemampuan menganalisa kejadian-kejadian  yang akan terjadi secara rasional berdasar informasi atau kegiatan-kegiatan yang mendukung.
f.    Berani Mengambil Resiko
Kemampuan untuk mengambil resiko atas hal-hal yang dikerjakan bila  gagal  mencari  kambing  hitam  yang  dijadikan  sumber  hambatan terhadap pencapaian tujuan dari apa yang telah dikerjakan.
2.  Teori menurut Miner
Menurut Miner (2003: 97) mengelompokkan   faktor psikologi secara umum yang juga mempengaruhi tendensi seseorang untuk berkesempatan memperluas berwirausaha, yaitu sebagai berikut:
a.  Aspek Kepribadian dan Motivasi.
Kepribadian dan motivasi adalah karakteristik dasar  seseorang untuk bereaksi terhadap cara tertentu. Kepribadian dan motivasi seseorang akan sangat mempengaruhi terghadap kesempatan  berwirausaha,  karena dengan aspek tersebut pastinya bereaksi secara berbeda dengan yang lain pada beberapa situasi. Lebih mudahnya peneliti mengidentifikasi lima aspek kepribadian dan motivasi yag mempengaruhi kesempatan berwirausaha antara lain:
1)   Keterbukaan.
Wiraswastawan diidentifikasikan untuk  tidak  tertutup  pada orang lain, sering bertatap  muka langsung  dengan orang lain, dan mudah menyesuaikan diri terhadap orang lain.
2)   Ramah.
Keramahtamahan adalah aspek individu yang bersifat sosial, toleransi, menghargai orang lain dalam berbagai situasi dimanapun pribadi individu berada.
3)   Kebutuhan untuk berprestasi.
Seorang  wiraswastawan   tersebut  didorong  oleh  kebutuhan untuk berprestasi  yang tinggi karena dengan adanya prestasi yang tinggi  mendorong  individu  untuk  lebih  tertarik  untuk  melakukan suatu pekerjaan yang telah dipilih.
4)   Berani Mengambil resiko
Usahawan tersebut harus siap ntuk menghadapi segala resiko atas pekerjaanya. Individu tersebut harus mempersiapkan pribadi secara fisik maupun mantal untuk menghadapi orang lain.
5)   Keinginan untuk kemandirian/ketidaktergantungan
Seseorang dengan kekuatannya berkeinginan untuk bebas mengekspresikan kesempatan berwirausaha karena aktivitasnya diikuti oleh suatu pribadi kepemimpinan.
b.  Penilaian Diri
Penilaian diri diperlukan untuk dapat mengontrol pribadinya baik itu dari dalam maupun dari luar lingkungannya.  Penilaian diri ini terdiri dari beberapa aspek sebagai berikut:
1)    Pengendalian Diri
Seseorang dengan pengendalian diri adalah harus mampu mengendalikan kekuatan jiwanya untuk dapat mengendalikan lingkungan  dalam  dirinya  dan  lebih  menyukai  kekuatan  dalam dirinya dari pada kekuatan yang datang dari orang lain.
2)   Efisiensi diri
Efisiensi diri merupakan kepercayaan pada kemampuan pribadi untuk dapat menyelesaikan tugas. Seseorang dengan efisiensi diri tinggi lebih menyukai untuk mengekpresikan kesempatan berwirausahanya dari pada orang yang mempunyai efisiensi rendah.
c.   Karakteristik Kognitif
Karakteristik kognitif merupakan faktor yang mempengaruhi seseorang berfikir dan membuat keputusan.   Diantara karakter kognitif yang mempengaruhi adalah sebagai berikut:
1)   Kepercayaan diri yang tinggi
Sesuatu yang umumnya digambarkan sebagai optimisme atau suatu anggapan kepercayaan dari suatu kepemimpinan dan memberikan data yang nyata.
2)   Bersifat Mewakili
Wiraswastawan dapat dijadikan seseorang yang   mewakili untuk menyelasaikan permasalahan atau sebagai penyusun  ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat dijadikan pegangan bagi orang lain.
3)   Intuisi
Intuisi merupakan suatu kepercayaan atau perasaan  bahwa sesuatu adalah benar-benar dapat dilakukan dengan menunjukkan ketelitian usaha secara nyata. Individu dengan intuisinya akan meningkatkan   kecenderungan   seseorang agar mempunyai kesempatan mengekspresikan usaha berwirausaha.
Selain faktor-faktor di atas untuk mencapai atau memiliki kualitas manusia wiraswasta, seseorang harus mempunyai kekuatan dan  minat  dalam  pekerjaan atau usahanya sebagai modal. Kekuatan tersebut tergantung pada kuat tidaknya pribadi masing-masing individu.  Seseorang  yang  mampu  mengenal  pribadinya akan menyadari  kelemahan  dan kekuatan yang ada dalam dirinya. Pribadi yang lemah ditandai oleh jiwa yang pesimis, statis, tergantung dan masa bodoh.

untuk teori selanjut nya silahkan klik disini

0 Response to "Faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam berwirausaha"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed