Pembelajaran Program Produktif

 
Pembelajaran Program Produktif

Pembelajaran Program Produktif merupakan proses pembelajaran keahlian atau keterampilan yang dirancang dan dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar kerja yang sesungguhnya (real job) untuk mengahsilkan barang atau jasa sesuai dengan tuntutan pasar atau konsumen. Materi-materi dalam Program Produktif membekali siswa dengan keterampilan-keterampilan dasar yang sesuai dengan standarisasi dan kebutuhan dunia kerja.
Komponen produktif memuat bahan kajian dan pelajaran yang membekali keterampilan dan sikap kerja professional sesuai dengan kemampuan yang dituntut dunia kerja.
Adapun kompetensi Program Produktif antara lain sebagai berikut:
1.    Menggambar teknik mesin
2.    Bekerja dengan mesin frais (dasar dan lanjutan)
3.    Bekerja dengan mesin bubut (dasar dan lanjutan)
4.    Las (dasar dan lanjutan)
5.    Kerja bangku
6.    Keselamatan kerja
7.    Perawatan mesin

c.    Kompetensi Produktif Kejuruan Mata Diklat Membubut Kompleks.
Kompetensi Produktif Kejuruan Mata Diklat Membubut Kompleks adalah kompetensi yang dirancang untuk proses pembelajaran pada mata diklat membubut kompleks sesuai dengan kurikulum SMK. Kompetensi yang dipelajari dalam mata diklat membubut kompleks adalah:

1)    Persiapan pekerjaan dengan tepat.
Pekerjaan disiapkan sesuai tingkat ketelitian yang dipersyaratkan menggunakan peralatan presisi seperti dial test indicator, dan lain-lain. Materi yang diberikan dalam persiapan pekerjaan dengan tepat adalah :
    Persyaratan kerja
    Persiapan kerja
    Peralatan kerja.

2)    Identifikasi aturan dari Organisasi Standar Internasional atau Standar lain yang sesuai.
Alat yang benar dipilih menggunakan standard Internasional atau standar-standar lain yang sesuai untuk parameter potong. Materi yang dipelajari adalah :
  Memahami macam-macam alat potong untuk dipilih

3)    Melakukan berbagai macam pembubutan
Kecepatan dan pemakanan dihitung dengan benar menggunakan teknik matematika dan sifat bahan. Materi yang dipelajari  adalah :
    Kecepatan putaran mesin
Pembubutan kompleks yang dilakasanakan meliputi pemotongan ulir tunggal dan majemuk, pemotongan ulir dalam lubang, eksentrik, bubut copy dan bubut kerucut dan sebagainya dapat dilakukan. Materi yang dipelajari adalah:
    Kecepatan pemakanan
    Pembubutan  benda dengan bentuk kompleks
Operasi bubut yang tidak standar dilakukan sesuai kondisi yang mungkin meliputi penyesuaian pekerjaan dalam membuat plat datar, poros pembawa, kerucut, poros besar (poros berat) dan sebagainya. Materi yang dipelajari adalah:
    Pembubutan bagian benda pelat/tidak beraturan, poros cam, poros pembawa, dan sebagainya

0 Response to "Pembelajaran Program Produktif"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed