Pendidikan Kewirausahaan



  Pendidikan Kewirausahaan
 Pendidikan Kewirausahaan
Kewirausahaan merupakan suatu bidang yang penting bagi negara untuk membantu pembangunan ekonomi melalui pertumbuhan usaha-usaha baru yang sering menghasilkan ide, barang dan jasa. Sehingga pemerintah mampu mengatasi tantangan-tantangan baru dunia global dalam usaha menjadikan sebuah negara maju.
Hubungan antara pendidikan kewirausahaan dengan kesuksesan wirausaha adalah bahwa seorang wirausaha dapat dibentuk. Maka salah satu bentuk usah pemerintah melalui pelaksanaan pendidikan kewirausahaan secara formal di sekolah menengah dan institusi pendidikan tinggi.

Tujuan pendidikan kewirausahaan yaitu memberikan kemampuan pada siswa untuk menyadari dan mengidentifikasi peluang kewirausahaan. Selain itu tujuan kewirausahaan untuk menanamkan kesadaran terhadap kewirausahaan di kalangan siswa dan mendorong siswa mempelajari hala-hal kewirausahaan.
Kurikulum mata pelajaran pendidikan kewirausahaan yang tepat, penting untuk mengajar mata pelajaran tersebut di sekolah, dengan adanya silabus pelajaran pendidikan kewirausahaan, siswa dapat memahami, menjiwai dan mempraktekkan ilmu kewirausahaan yang diperoleh.
Pendidikan kewirausahaan mestinya memfokuskan kepada pencarian peluang yang kreatif dan produktif selain menyiapkan tugas yang diarahkan oleh pembimbing. Menurut Kent (1990) yang dikutip oleh Buang dan Isteti (2006:97) menyarankan supaya pendidikan kewirausahaan menekankan dua dimensi pengajaran yang penting, yaitu:
1)      Dimensi kesadaran
a)      Mengajar sejarah perkembangan kewirausahaan dan peranan wirausaha pada masa dahulu, sekarang dan masa yang akan datang.
b)      Melihat kewirausahaan sebagai satu bidang profesi yang berpotensi.
2)      Dimensi kemahiran
a)      Kemahiran teknikal harus dijadikan persyaratan utama sebelum mengikuti pendidikan kewirausahaan untuk memastikan pelajar memiliki kemahiran yang diperlukan untuk memasuki bidang pada masa depan.
b)      Kemahiran managemen untuk menjadikan wirausaha dapat memiliki pengetahuan dasar menagemen dan memahami informasi.
Konsep kewirausahaan yang perlu di ajarkan di sekolah bukan hanya tertumpu pada pemupukan sikap kewirausahaan dan cara melalui atau mengelola perusahaan, bahkan juga meliputi hal-hal sebagai berikut:
1)      Melahirkan wirausaha yang mampu menciptakan dan memperkenalkan barang atau jasa baru di pasaran atau ide pengelolaan baru untuk menyelesaikan masalah sosial dan organisasi.
2)      Melahirkan  wirausaha yang dapat menggunakan dan mengembangkan tegnologi baru untuk mengurangi biaya bisnis dan meningkatkan koefisien organisasi.
3)      Melahirkan wirausaha yang dapat mewujudkan pasaran baru dengan memperkenalkan barang, jasa dan teknologi baru.
4)      Melahirkan wirausaha yang dapat mencari dan mewujudkan sumber daya preoduksi baru untuk menggantikan sumberdaya yang terbatas.
5)      Melahirkan wirausaha yang dapat menstrukturkan kembali bisnis yang telah ada melalui teknik pengelolaan yang inovatif.

0 Response to " Pendidikan Kewirausahaan"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed