pengertian Hasil Belajar 2

   Pengertian Hasil Belajar
Pengertian hasil belajar tidak terlepas dari pengertian belajar itu sendiri. Belajar adalah merupakan proses perkembangan hidup, belajar bukanlah suatu usaha mudah karena memerlukan disiplin, motivasi, guru, sarana/fasilitas, kurikulum, siswa, dan banyak yang lainnya. Banyak para ahli mendefinisikan tentang belajar yang pada inti belajar adalah perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil belajar ditunjukan dalam bentuk seperti perubahan tingkah laku, penalaran, sikap, keterampilan kecakapan, serta perubahan aspek-aspek yang lainnya yang ada pada individu.
Slameto (1987:2)“Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh sesuatu perubahan tingkah laku yang baru, sebagai hasil pengalaman individu tersebut dalam interaksi dengan lingkungannya”
Pengertian hasil belajar tidak terlepas dari pengertian belajar itu sendiri. Belajar adalah merupakan proses perkembangan hidup, belajar bukanlah suatu usaha mudah karena memerlukan disiplin, motivasi, guru, sarana/fasilitas, kurikulum, siswa, dan banyak yang lainnya. Banyak para ahli mendefinisikan tentang belajar yang pada inti belajar adalah perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil belajar ditunjukan dalam bentuk seperti perubahan tingkah laku, penalaran, sikap, keterampilan kecakapan, serta perubahan aspek-aspek yang lainnya yang ada pada individu.

Berdasarkan pendapat di atas dapat diambil kesimpulan bahwa belajar adalah suatu proses usaha atau interaksi yang dilakukan individu untuk memperoleh sesuatu yang baru dan perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman-pengalaman itu sendiri. Belajar adalah suatu proses memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang menghasilkan suatu perubahan tingkah laku. Sedangkan hasil dari proses belajar tersebut dinamakan hasil belajar
Proses belajar dapat dikatakan suatu proses metal yang terjadi dalam diri individu yang melibatkankegiatan (proses) berfikir dan terjadi melalui pengalaman-pengalaman belajar yang diperolah oleh siswa dan dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Dalam proses belajar siswa dituntut untuk mengetahui dan menguasai pelajaran yang diberikan secara teoriitis maupun praktek, sehingga siswa tersebut akan memperoleh pengetahuan. Melihat kenyataannya dapat dikatakan pada siswa tersebut telah terjadi perubahan yang baru, dalam hal ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan akibat belajar.
Perubahan akibat balajar itu diperoleh karena individu yang bersangkutan berusaha untuk belajar. Ada beberapa faktor yang mencirikan pengertian belajar yaitu :
a.       Perubahan yang terjadi secara sadar
Suatu individu yang belajar akan menyadari terjadinya perubahan itu
 atau sekurang-kurangnya individu merasakan telah terjadi suatu perubahan dalam dirinya.
b.      Perubahan dalam belajar bersifat kontiniu dan fungsional
Perubahan yang terjadi dalam diri individu berlangsung terus menerus dan tidak statis. Dari perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna bagi kehidupan ataupun proses belajar selanjutnya.
c.       Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif
Dalam belajar perubahan-perubahan itu senantiasa bertambah dan tertuju untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian makin banyak usaha belajar itu dilakukan, makin banyak dan makin baik perubahan yang diperoleh.
d.      Perubahan dalam  belajar bukan bersifat sementara
Perubahan yang terjadi karena proses belajar bersifat menetap atau permanent. Ini berarti bahwa tingkah laku yang terjadi setelah belajar akan bersifat  menetap.
e.       Perubahan dalam  belajar bertujuan dan terarah
Perbuatan belajar terarah pada perubahan tingkah laku yang benar–benar disadari atau perbuatan belajar yang dilakukan senantiasa terarah kepada tingkah laku  yang telah ditetapkannya.
f.       Perubahan mencakup seluruh aspek laku
Perubahan yang diperoleh individu setelah melalui suatu proses belajar meliputi perubahan keseluruhan tingkah laku. Jika seseorang belajar, sebagai hasilnya ia akan mengalami perubahan tingkah laku secara menyeluruh dalam sikap, keterampilan, pengetahuan, dan sebagainya.
Dalam kamus umum bahasa Indonesia, Poerwardaminta (1986:254) mengatakan bahwa prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari suatu kegiatan. Sementara itu dalam bidang kependidikan yang dimaksud dengan prestasi belajar adalah hasil yang dicapai seseorang dalam usaha belajarnya. Dengan demikian pengaruh belajar dalam diri seseorang dapat dilihat dari hasil atau prestasi yang diperolehnya.
Djamarah (2002:19) mengemukakan bahwa prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan baik secara individual maupun kelompok. Prestasi tidak akan pernah dihasilkan selama seseorang tidak melakukan suatu kegiatan. Dalam kenyataannya untuk mendapatkan prestasi tidak semudah yang dibayangkan, tetapi penuh perjuangan dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi untuk mencapainya. Hanya dengan keuletan dan optimis dapat membantu mencapainya. Dengan demikian prestasi belajar adalah penilaian dari hasil kegiatan yang dilakukan dalam bentuk angka atau huruf yang dapat mencerminkan hasil yang dilakukan oleh seseorang dalam jangka waktu tertentu.
Dengan demikian hasil belajar merupakan tolak ukur yang digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam memahami konsep dalam belajar. Apabila telah terjadi perubahan tingkah laku pada diri seseorang, maka seseorang dapat dikatakan telah berhasil dalam belajar. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan  oleh Oemar (2001: 21)
“Hasil belajar adalah tingkah laku yang timbul, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, timbulnya pertanyaan baru, perubahan dalam tahap kebiasaan keterampilan, kesanggupan menghargai, perkembangan sifat sosial, emosional, dan pertumbuhan jasmani.

Tu’u (2004:75) menyatakan bahwa “seorang dikatakan berhasil dalam belajar apabila telah terjadi perubahan tingkah laku didalam dirinya dan perubahan itu terjadi karena latihan dan pengalaman yang dilaluinya”
Dari pendapat di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa belajar adalah situasi stimulus dengan ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga tingkah laku dari waktu sebelum ia mengalami situasi kewaktu sesudah ia mengalami situasi yang lain. Perubahan yang terjadi didalam diri manusia banyak sekali baik sifat, tingkah laku, maupun jenisnya karena tentu setiap perubahan dalam diri seseorang merupakan perubahan dalam arti belajar. Perubahan yang terjadi dalam belajar akan menyebabkan perubahan berikutnya, perubahan ini disebut hasil belajar. Perubahan dalam belajar yang belum ada hampir sebagian dari siswa tersebut yang berakibat tidak ada perubahan untuk yang berikutnya.

0 Response to "pengertian Hasil Belajar 2"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed