pengertian kreativitas


Pengertian Kreativitas
Kreativitas merupakan faktor yang sangat penting untuk dihayati perkembangannya, karena kreativitas sangat berpengaruh bagi keberhasilan seseorang dalam hidupnya. Ada bermacam-macam pengertian kreativitas yang dikemukakan oleh para ahli. Pengertian yang satu dengan yang lainnya saling melengkapi dan memperjelas. Seperti yang dikemukakan oleh Julius (1994:17) juga mengungkapkan bahwa: “Kreativitas adalah kemampuan mental dan` berbagai jenis keterampilan khas manusia yang dapat melahirkan pengungkapan unik, berbeda, orisinil, sama sekali baru, indah, efisien, tepat sasaran dan tepat guna”.

Di samping itu Al Maghazi (2005:25) juga mengatakan bahwa “Kreativitas mewujudkan solusi baru dan orisinil terhadap problematika keilmuan, pekerjaan, seni atau sosial, atau menyebutkan sejumlah alternatif baru yang mampu menerobos dan menyelesaikan problematika dengan solusi jitu, baru, dan orisinil”. Dari pendapat ini diketahui bahwa setiap individu memiliki kreativitas, dan pengungkapan kreativitas itu berbeda tiap individunya tergantung bagaimana cara masing-masing individu tersebut bias melahirkan sesuatu ide baru yang tepat sasaran dan tepat guna.
Pendapat-pendapat tersebut diperjelas lagi oleh Utami (1992: 25) yang menyatakan bahwa:
Kreativitas pada hakekatnya tidak lain dari pada kemampuan untuk membentuk kombinasi-kombinasi atau hubungan-hubungan baru berdasarkan unsur-unsur yang sudah ada pada pikiran kita. Jadi untuk disebut kreatif, suatu hasil ciptaan tidak perlu baru seluruhnya, mungkin berupa gabungan atau kombinasi dari unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang menciptakan berbagai produk baru. Dan produk tidak seluruh bagiannya harus baru, melainkan bisa saja merupakan tambahan, gabungan atau kombinasi-kombinasi dari unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya.
Ukuran baru dari suatu kreasi adalah suatu relative baru bagi diri sendiri walaupun tidak baru bagi orang lain. Hal ini sesuai dengan ungkapan Morena yang dikutip Slameto (1995:148) yaitu:
Yang penting dalam kreativitas itu bukanlah penemuan sesuatu yang belum pernah diketahui orang sebelumnya melainkan bahwa produk kreasi itu merupakan yang baru bagi diri sendiri dan tidak merupakan sesuatu yang baru bagi orang lain atau dunia pada umumnya,….

Terjadinya kreativitas disebabkan karena pengaruh bermacam-macam hal atau keadaan. Keadaan tersebut ada yang membantu perkembangan dan ada yang menghalangi. Seberapa jauh perkembangan kreativitas seseorang tergantung kepada faktor yang memberi peluang dan faktor yang menghalanginya.
Kreativitas tidak akan terwujud dengan sendiri tanpa ada usaha untuk menumbuh kembangkannya. Kreativitas akan tumbuh dalam diri siswa apabila ia dilatih, dibiasakan sejak kecil untuk memecahkan masalah.
Dalam mengembangkan kreativitas siswa merupakan tanggung jawab guru sesuai dengan pendapat Conny (1990:42) yang menyatakan bahwa, usaha yang biasa untuk menunjang kreativitas siswa dalam belajar adalah:
1)      Bersikaplah terbuka terhadap minat dan gagasan siswa.
2)      Berilah waktu kepada siswa untuk memikirkan dan mengembangkan gagasan.
3)      Ciptakan suasana saling menghargai dan saling menerima antara siswa dan guru.
4)      Doronglah kegiatan berpikir divergen (dapat memberikan jawaban yang bervariasi)
5)      Ciptakan suasana hangat dan memberikan kebebasan untuk berpikir
6)      Usahakan semua siswa terlibat
7)      Bersikap positif terhadap kegagalan dan bantulah siswa untuk menyadari kesalahan.





0 Response to "pengertian kreativitas"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed