Perlunya Disiplin Belajar di Sekolah


ekolah sebagai wahana kegiatan dan proses pendidikan berlangsung perencanaan dan implementasi disiplin masing-masing untuk mengatur jalannya segala aktifitas yang akan dilaksanakan di sekolah tersebut. Disiplin itu harus ditaati dan dilaksanakan oleh segenap staf, pegawai, guru-guru, kepala sekolah, maupun siswa sendiri. Umadi (2001:48) menyatakan bahwa: Sekolah membuat aturan-aturan yang harus ditaati khususnya oleh siswa dan warga sekolah lainnya termasuk guru, karyawan, dan kepala sekolah. Aturan-aturan tersebut dapat meliputi tata tertib waktu masuk dan pulang sekolah, kehadiran disekolah dan dikelas serta mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung.   
 Perlunya Disiplin Belajar di Sekolah
 
Sekolah sebagai wahana kegiatan dan proses pendidikan berlangsung perencanaan dan implementasi disiplin masing-masing untuk mengatur jalannya segala aktifitas yang akan dilaksanakan di sekolah tersebut. Disiplin itu harus ditaati dan dilaksanakan oleh segenap staf, pegawai, guru-guru, kepala sekolah, maupun siswa sendiri. Umadi (2001:48) menyatakan bahwa: Sekolah membuat aturan-aturan yang harus ditaati khususnya oleh siswa dan warga sekolah lainnya termasuk guru, karyawan, dan kepala sekolah. Aturan-aturan tersebut dapat meliputi tata tertib waktu masuk dan pulang sekolah, kehadiran disekolah dan dikelas serta mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung.
Di sekolah prilaku siswa yang baik dan positif selain dapat terjadi karena memang memiliki kesadaran yang tinggi bahwa mengikuti dan mentaati tata tertib sekolah dan pengaruh baik baginya, dapat juga terjadi karena adanya upaya-upaya yang dilakukan oleh para guru untuk menerapkan disiplin terhadap siswa. Slameto (2003:67) menyatakan bahwa “Seluruh staf sekolah yang mengikuti tata tertib dan bekerja dengan disiplin, membuat siswa menjadi disiplin pula, selain itu juga memberi pengaruh yang positif terhadap belajarnya”.
Dalam belajar disiplin sangat diperlukan. Disiplin dapat melahirkan semangat menghargai waktu, bukan menyia-nyiakan waktu berlalu dalam kehampaan.
Djamarah (2001:13) menyatakan bahwa:
“Orang-orang yang berhasil dalam belajar dan berkarya disebabkan mereka selalu menempatkan disiplin diatas semua tindakan dan perbuatan, semua jadwal belajar yang telah disusun ditaati dengan ikhlas, dilaksanakan dengan penuh semangat, dan rela mengorbankan apa saja demi perjuangan menegakkan disiplin.”

Menurut Rahman dalam (Tu’u 2004:35) mengatakan pentingnya disiplin bagi para siswa adalah sebagai berikut:
1)      Memberikan dukungan bagi terciptanya perilaku yang tidak menyimpang
2)      Membantu siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan
3)      Menyelesaikan tuntutan yang ingin ditunjukkan peserta didik terhadap lingkungannya
4)      Untuk mengatur keseimbangan keinginan individu satu dengan individu lainnya
5)      Menjauhkan siswa melakukan hal-hal yang dilarang sekolah
6)      Mendorong siswa melakukan hal-hal yang baik dan benar
7)      Peserta didik belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik, dan bermanfaat bagi dirinya sendiri dan lingkungannya”
Berdasarkan uraian di atas, membiasakan diri hidup berdisiplin, seorang siswa akan memiliki jalan untuk menuju kesuksesan hidupnya di masa yang akan datang karena sikap dan kemampuan siswa dalam mengendalikan dirinya sendiri sejak dini merupakan langkah awal menuju keberhasilan. Disiplin pribadi yang mantap diawalin oleh kesadaran penuh oleh siswa untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Pentingnya disiplin belajar juga merupakan langkah awal untuk membangun kepribadian siswa, yang mana tidak akan terbentuk begitu saja tetapi harus ada pembinaan dan pembukaan setiap saat.
Untuk membentuk suatu sikap yang memiliki disiplin, siswa harus mampu menaati dan mematuhi peraturan yang berlaku, serta mengembangkannya melalui kesadaran diri dan kebebasan dirinya dalam mentaati dan mengikuti peraturan yang sudah ada. Sanksi atau hukuman yang diberikan harus dilihat sebagai alat dalam proses pendidikan dan latihan, selain itu juga diperlukan keteladanan dan lingkungan yang kondusif bagi pendidikan disiplin.
Disiplin dan tata tertib yang dilaksanakan secara konsisten akan mempengaruhi sikap siswa dalam belajar, memelihara siswa selalu berada pada tugasnya, membantu siswa bersikap dan bertingkah laku penuh tanggung jawab, membimbing dan mengarahkan serta mendorong para siswa bertingkah laku yang baik sehingga ada pertumbuhan pribadi yang baik pula, mencegah dan menekan serta meluruskan tingkah laku yang salah dan mengusahakan hubungan yang baik diantara para siswa. Tegaknya disiplin sekolah secara konsisten merupakan faktor utama yang dapat menunjang berlangsungnya proses belajar yang baik.
Sekolah yang memiliki disiplin yang baik akan dapat menciptakan proses belajar yang baik sesuai dengan rencana yang ditentukan. Dengan adanya disiplin tersebut sekolah dapat berfungsi sebagai arena persaingan yang sehat bagi para siswa untuk meraih prestasi semaksimal mungkin. Sekolah yang tidak menerapkan disiplin pada umumnya akan mengahadapi berbagai macam masalah yang dapat menghambat proses belajar mengajar, dan adanya kenakalan-kenakalan yang dilakukan siswa baik didalam maupun diluar sekolah.
Pada inti tegaknya disiplin belajar sekolah secara konsisten merupakan faktor pertama dan paling penting yang dapat menunjang berlangsungya proses belajar yang baik.

0 Response to "Perlunya Disiplin Belajar di Sekolah"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed