Posisi Pengelasan

Posisi Pengelasan (Welding Positions)

a.    Posisi Bawah Tangan

Posisi bawah tangan adalah posisi yang paling mudah dalam melakukan pengelasan, benda kerja dalam posisi datar atau lebih rendah dari juru las. Sudut kemiringan elektroda terhadap benda kerja sekitar 650 sampai 800. Oleh sebab itu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan pengelasan sedapat mungkin diusahakan pada posisi bawah tangan.




Gambar 9. Posisi Pengelasan Bawah Tangan

(Firdaus, 2010:19)

b.    Posisi Mendatar/Horizontal 

Pada posisi horizontal, kedudukan benda tegak lurus dan arah pengelasan mengikuti garis horizontal. Panjang busur nyala dibuat lebih pendek kalau dibandingkan dengan panjang busur nyala pada posisi pengelasan bawah tangan. Posisi elektroda dimiringkan kira-kira 50 sampai 100 kearah bawah dari jalur las untuk menahan jatuhnya lelehan logam cair karena pengaruh grafitasi.
 

 




Gambar 10. Posisi Pengelasan Horizontal
(Firdaus, 2010:20)

c.    Posisi Tegak/Vertikal 

Pada pengelasan vertical, benda kerja dalam posisi tegak dan arah pengelasan mengikuti garis vertikal benda kerja. Arah pengelasan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pengelasan keatas/naik (vertikal up) dan pengelasan ke bawah/turun (vertikal down).
Posisi elektroda dimringkan sekitar 100 sampai 150 kearah bawah dari jalur las untuk menahan penetesan logam cair jatuh kebawah karena adanya pengaruh gaya grafitasi.





Gambar 11. Posisi Pengelasan Vertikal
(Firdaus, 2010:20)


d.   Posisi Diatas Kepala/Over Head

Posisi pengelasan diatas kepala merupakan posisi pengelasan yang paling sulit dari posisi pengelasan yang lain, pada pengelasan over head posisi benda kerja berada pada  daerah sudut 450 terhadap garis vertikal/sudut benda kerja, dan juru las berada di bawahnya.
Pada pengelasan over head, sudut elektoda berkisar antara 750 sampai 850, busur nyala dibuat sependek mungkin atau sama dengan ½ diameter elektoda yang digunakan dengan tujuan pengaliran cairan logam dapat ditahan. Pengelasan over head sangat sulit dan berbahaya, karena percikan logam cair banyak yang jatuh kearah juru las.






Gambar 12. Posisi Pengelasan Over Head
(Firdaus, 2010:21)

0 Response to "Posisi Pengelasan"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed