teori belajar, pengertian kiat, pengertian sukses dan pengertian pengusaha

 
1.     Pengertian Kiat
Kiat adalah cara melakukan atau disebut juga dengan taktik yang dilakukan untuk mewujudkan suatu tujuan tertentu. Jadi kiat-kiat pengusaha yaitu cara-cara unik yang dilakukan oleh pengusaha agar sukses dalam berwirausaha, dan cara tersebut bukanlah sekedar teori yang umum tapi merupakan taktik yang khusus setelah mereka dapatkan dari pengalaman yang rumit.
2.    Pengertian Sukses
Menurut Ranto (2007: 20) keberhasilan berwirausaha tidaklah identik dengan seberapa  berhasil  seseorang  mengumpulkan  uang  atau  harta  serta  menjadi  kaya, karena kekayaan bisa diperoleh dengan berbagai cara sehingga menghasilkan nilai tambah.   Kesuksesan   lebih   dilihat   dari   bagaimana   seseorang   bisa   membentuk, mendirikan, serta menjalankan usaha dari sesuatu yang tadinya tidak berbentuk, tidak berjalan atau mungkin tidak ada sama sekali menjadi ada dan berkembang. Seberapa pun kecilnya ukuran suatu usaha jika dimulai dari nol dan bisa berjalan dengan baik maka nilai berusahanya jelas lebih berharga dari pada sebuah organisasi besar yang dimulai dengan bergelimang fasilitas.
Menurut Hutagalung (2008: 50), sukses tidak terjadi secara kebetulan, secara instan dan tidak pula turun tiba-tiba dari langit. Sukses adalah buah dari proses sistematis, perjalanan panjang dan kerja keras. Sukses selalu diukur dengan uang, harta, jabatan, keluarga, ketenaran nama. Sukses besar berarti akumulasi dari kesemuanya.
3.    Pengertian Pengusaha
Kamus Besar Bahasa Indonesi (KBBI) mendefinisikan wirausahawan sebagai "orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya, sedangkan Louis Jacques Filion menggambarkan wirausahawan sebagai orang yang imajinatif, yang ditandai dengan kemampuannya dalam menetapkan sasaran serta dapat mencapai sasaran-sasaran itu. Ia juga memiliki kesadaran tinggi untuk menemukan peluang-peluang dan membuat keputusan. Persamaannya dari pengertian-pengertian tersebut yaitu wirausahawan memiliki dan mampu berpikir kreatif-imajinatif, melihat peluang dan membuat bisnis baru.
Seorang wirausahawan adalah seorang manajer, tetapi melakukan kegiatan tambahan yang tidak dilakukan semua manajer. Manajer bekerja dalam hierarki manajemen yang lebih formal, dengan kewenangan dan tanggung jawab yang didefinisikan secara jelas sedangkan pengusaha menggunakan jaringan dari pada dari kewenangan formal.
Menurut pengusaha wanita Mien Uno pengusaha adalah perilaku dan integritas. "Entrepreneur is behavior. Tidak mementingkan diri sendiri, tapi mementingkan orang banyak. Pengusaha adalah bagaimana perilaku mereka bisa memberikan perubahan terhadap lingkungan. Perilaku dan integritas ini lah yang menurutnya menjadi unsur penilaian dewan juri World Entrepreneur of The Year 2010 di Monte Carlo, Monako pada 3-6 Juni lalu. Seperti diketahui, Mien menjadi salah satu dari enam juri dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Prancis, Italia, dan Singapura pada perhelatan akbar para pengusaha dunia tersebut.
Menurutnya, para kandidat tidak hanya dinilai dari seberapa besar dia bisa mendatangkan keuntungan secara finansial, tapi juga bagaimana inovasi yang dilakukannya bisa mengubah dunia serta memiliki dampak global.
Yang dinilai yaitu bagaimana visi mereka melihat dunia dan bagaimana mengubahnya menjadi realitas. Jadi, bisa dikatakan bukan hanya bisnis biasa, tapi sesuatu yang mempunyai keajaiban.
Dalam kompetisi itu dia menceritakan ada kandidat yang memaparkan tentang penyebab penyakit Alzheimer dan bagaimana ia bisa mengurangi penderita penyakit itu. Di lain pihak, dia pun menyayangkan adanya sejumlah pengusaha, baik dalam negeri maupun luar negeri, yang menjadi pengemplang pajak. Menurutnya tindakan seperti itu tidak pantas disebut sebagai perilaku seorang pengusaha.
Ada enam hakekat penting kewirausahaan menurut Suryana (2003: 13), sebagai berikut:
a.    Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.
b.    Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different).
c.    Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan.
d.   Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (start-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth).
e.    Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat memberi nilai lebih.
f.     Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan  jalan mengkombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan.
Nilai tambah tersebut dapat diciptakan dengan cara mengembangkan teknologi baru, menemukan pengetahuan baru, menemukan cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru yang lebih efisien, memperbaiki produk dan jasa yang sudah ada, dan menemukan cara baru untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.
Kewirausahaan secara ringkas berdasarkan keenam konsep di atas dapat didefinisikan sebagai sesuatu kemampuan kreatif dan inovatif (create new and different) yang dijadikan kiat, dasar, sumber daya, proses dan perjuangan untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa yang dilakukan dengan keberanian untuk menghadapi risiko.
Sesuai dengan inti dari jiwa kewirausahaan yaitu kemampuan untuk menciptakan  sesuatu  yang  baru  dan  berbeda  (create  new  and  different)  melalui berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang dalam menghadapi tantangan  hidup,  maka  seorang  wirausaha  harus  mempunyai  kemampuan  kreatif didalam mengembangkan ide dan pikiranya terutama didalam menciptakan peluang usaha didalam dirinya, dia dapat mandiri menjalankan usaha yang digelutinya tanpa harus bergantung pada orang lain, seorang wirausaha harus dituntut untuk selalu menciptakan hal yang baru dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber yang ada disekitarnya, mengembangkan teknologi baru, menemukan pengetahuan baru, menemukan cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru yang lebih efisien, memperbaiki produk dan jasa yang sudah ada, dan menemukan cara baru untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

0 Response to "teori belajar, pengertian kiat, pengertian sukses dan pengertian pengusaha"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed