HUBUNGAN ANTARA SIKAP DALAM BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA


HUBUNGAN ANTARA SIKAP DALAM BELAJAR  DENGAN HASIL BELAJAR SISWA

Salah satu kegagalan siswa dalam mata pelajaran disebabkan adanya fenomena tentang kemungkinan adanya nilai yang rendah akibat sikap negatif siswa. Sikap negatif siswa yang sering ditemukan dalam mengikuti proses pembelajaran yaitu siswa sering keluar masuk ketika jam pelajaran berlangsung, siswa tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar dan cenderung berbicara dan mengganggu teman-teman disebelahnya, dan ada siswa yang mengerjakan tugas lain. Sikap negatif siswa ini dapat mengakibatkan kegagalan siswa dalam suatu mata pelajaran. Untuk itu siswa memerlukan sikap dan kesadaran yang baik dalam mengikuti proses pembelajaran. Jika siswa mempunyai kesadaran untuk dapat menguasai suatu mata pelajaran dan berusaha mendapatkan nilai yang maksimal, maka seacara otomatis siswa tersebut mempunyai sikap yang positif dalam mengikuti proses pembelajaran.
alah satu kegagalan siswa dalam mata pelajaran disebabkan adanya fenomena tentang kemungkinan adanya nilai yang rendah akibat sikap negatif siswa. Sikap negatif siswa yang sering ditemukan dalam mengikuti proses pembelajaran yaitu siswa sering keluar masuk ketika jam pelajaran berlangsung, siswa tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar dan cenderung berbicara dan mengganggu teman-teman disebelahnya, dan ada siswa yang mengerjakan tugas lain. Sikap negatif siswa ini dapat mengakibatkan kegagalan siswa dalam suatu mata pelajaran. Untuk itu siswa memerlukan sikap dan kesadaran yang baik dalam mengikuti proses pembelajaran. Jika siswa mempunyai kesadaran untuk dapat menguasai suatu mata pelajaran dan berusaha mendapatkan nilai yang maksimal, maka seacara otomatis siswa tersebut mempunyai sikap yang positif dalam mengikuti proses pembelajaran.
Untuk mendapatkan nilai yang tinggi dalam mata pelajaran, sikap siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sangatlah penting. Siswa SMK dituntut untuk memahami dan menguasai setiap mata pelajaran, karena mereka akan menjadi lulusan yang siap pakai dalam dunia kerja. Di SMK siswa mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan sikap dalam dunia teknik dan disertai dengan praktek-praktek langsung di workshop yang ada di sekolah.Oleh karenanya penguasaan kompetensi sikap menjadi sangat penting.
Keberhasilan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menyiapkan lulusan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain: (1) Faktor dari siswa itu sendiri yang meliputi motivasi, sikap, kebiasaan, bakat dan kondisi psikis, (2) Faktor guru, (3) Kurikulum, (4) Karakteristik fisik sekolah, (5) Saranaprasarana, dan (6) Faktor lingkungan dan faktor-faktor situasional. Muhibbin (1997:144).

0 Response to "HUBUNGAN ANTARA SIKAP DALAM BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA"

Post a Comment

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed